Skripsi Penelitian Pendidikan Kurikulum Merdeka

  • IntialBoard
  • Jan 12, 2025

Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi pendidikan yang memberikan kebebasan kepada siswa dan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna. Dengan pendekatan yang fleksibel dan berbasis proyek, kurikulum ini bertujuan membentuk generasi muda yang kreatif, kritis, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Skripsi Penelitian Pendidikan Kurikulum Merdeka

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei, data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 200 siswa dan 20 guru di lima sekolah dasar yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam tingkat kemandirian belajar siswa setelah penerapan kurikulum ini. Selain itu, dukungan guru dalam mengarahkan dan memfasilitasi proses belajar juga berkontribusi positif terhadap keberhasilan program ini. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mendukung kemandirian siswa di tingkat pendidikan dasar.

Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis regresi, penelitian ini melibatkan 150 siswa dan 15 guru dari tiga sekolah dasar yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Faktor-faktor seperti fleksibilitas dalam metode pembelajaran, pemberian otonomi kepada siswa, dan integrasi kegiatan kreatif terbukti meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam mengoptimalkan kurikulum untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Evaluasi Dampak Kurikulum Merdeka terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan Kurikulum Merdeka terhadap prestasi akademik siswa di sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa: satu kelompok yang menggunakan Kurikulum Merdeka dan kelompok kontrol yang menggunakan kurikulum tradisional. Data prestasi akademik dikumpulkan melalui hasil ujian akhir semester dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti Kurikulum Merdeka menunjukkan peningkatan prestasi akademik yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, aspek-aspek seperti kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan sosial juga mengalami peningkatan signifikan. Temuan ini mendukung efektivitas Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan mendorong peningkatan prestasi akademik siswa.

Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Studi Kuantitatif di Kabupaten X

Abstrak :

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi pendidikan yang bertujuan memberikan keleluasaan kepada siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga mendorong pengembangan kompetensi dan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten X. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksplanatori. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan analisis nilai hasil belajar siswa dari beberapa sekolah dasar yang telah menerapkan kurikulum ini. Teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (penerapan Kurikulum Merdeka) dan variabel dependen (hasil belajar siswa).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan implikasi bahwa fleksibilitas pembelajaran dan penekanan pada pengembangan potensi siswa yang ditawarkan oleh kurikulum ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan dukungan fasilitas pembelajaran untuk mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar.

Efektivitas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif dan melibatkan 100 siswa kelas 5 dari tiga sekolah yang telah melaksanakan proyek ini selama satu semester. Instrumen penelitian berupa angket dan observasi, dengan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, termasuk gotong-royong, toleransi, dan kemandirian. Rekomendasi diberikan untuk memperluas implementasi proyek ini di berbagai jenjang pendidikan dengan dukungan pelatihan guru yang memadai.

Analisis Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar**

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai fasilitator dalam penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan 10 guru dari lima sekolah yang telah mengadopsi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator berfokus pada pemberian kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi materi, mendukung proses pembelajaran berbasis proyek, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Namun, beberapa tantangan seperti kurangnya pelatihan dan keterbatasan waktu dalam menyusun rencana pembelajaran masih menjadi hambatan. Studi ini merekomendasikan pelatihan intensif bagi guru agar dapat lebih efektif menjalankan peran mereka dalam konteks kurikulum ini.

Hubungan antara Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 150 siswa dan 10 guru dari tiga sekolah yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Data diperoleh melalui angket, wawancara, dan nilai hasil belajar siswa, kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dan hasil belajar siswa. Faktor individualitas siswa yang dihargai dalam pembelajaran berdiferensiasi terbukti meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Studi ini menyarankan perluasan penggunaan strategi ini di semua mata pelajaran.

Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Pengembangan Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) di Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap pengembangan keterampilan abad ke-21, yaitu Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4C), pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan melibatkan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen (menggunakan Kurikulum Merdeka) dan kelompok kontrol (menggunakan kurikulum konvensional). Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes keterampilan, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen memiliki peningkatan signifikan pada semua aspek keterampilan 4C dibandingkan kelompok kontrol. Penelitian ini merekomendasikan implementasi menyeluruh Kurikulum Merdeka untuk mendukung pengembangan keterampilan yang relevan dengan tantangan masa depan.

Efektivitas Modul Ajar Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Mata Pelajaran Matematika

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas modul ajar Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas 4, di mana kelompok eksperimen menggunakan modul ajar Kurikulum Merdeka dan kelompok kontrol menggunakan materi ajar konvensional. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelompok eksperimen. Studi ini menyarankan integrasi modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka secara menyeluruh di sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dampak Penggunaan Media Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini mengeksplorasi dampak penggunaan media digital dalam penerapan Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 120 siswa dari tiga sekolah yang memanfaatkan media digital dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media digital, seperti aplikasi pembelajaran interaktif dan video edukasi, secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu, siswa merasa lebih terlibat dan antusias selama proses pembelajaran. Studi ini merekomendasikan optimalisasi penggunaan media digital untuk mendukung pembelajaran inovatif dalam Kurikulum Merdeka.

Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru dalam merancang pembelajaran berbasis proyek pada Kurikulum Merdeka. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, penelitian ini melibatkan 15 guru dari berbagai sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, dan kesulitan dalam mengintegrasikan materi ke dalam proyek yang relevan. Guru juga mengungkapkan kebutuhan akan panduan yang lebih konkret dalam penyusunan proyek. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelatihan guru dan menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek.

Hubungan antara Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penerapan Kurikulum Merdeka dengan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Data diperoleh dari hasil tes diagnostik literasi dan numerasi pada 200 siswa dari sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka selama satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara penerapan kurikulum ini dengan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Studi ini menyarankan peningkatan fokus pada pembelajaran berbasis literasi dan numerasi untuk mendukung capaian pembelajaran yang optimal.

Persepsi Orang Tua terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif dengan melibatkan 150 orang tua dari berbagai sekolah dasar di wilayah perkotaan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua memiliki persepsi positif terhadap fleksibilitas dan pendekatan pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan siswa. Namun, sebagian orang tua merasa kurang mendapatkan informasi yang memadai tentang tujuan dan manfaat Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan komunikasi antara sekolah dan orang tua untuk mendukung keberhasilan implementasi kurikulum.

Implementasi Kurikulum Merdeka bukan hanya tentang perubahan metode pembelajaran, tetapi juga tentang menciptakan pendidikan yang relevan dan adaptif bagi generasi masa kini. Mari bersama kita wujudkan pendidikan yang lebih baik untuk masa depan anak bangsa!

Lanjutkan Ke :  Ide Judul Skripsi Jurusan Mekatronika

Related Post :