- 1. Rekomendasi Judul Skripsi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Beserta Abstrak
- 1.1 Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama
- 1.2 Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa di Sekolah Dasar
- 1.3 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Daring
- 1.4 Studi Perbandingan Metode Pembelajaran Tradisional dan Digital dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
- 1.5 Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas
- 1.6 Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prestasi Siswa di Perguruan Tinggi
- 1.7 Analisis Pengaruh Program Bimbingan Karir Terhadap Pilihan Jurusan Mahasiswa di Perguruan Tinggi
- 1.8 Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
- 1.9 Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV SD
- 1.10 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD
- 1.11 Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dan Ekspositori di Kelas V SD
- 1.12 Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD
- 1.13 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketertarikan Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di Kelas VI SD
- 1.14 Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD
- 1.15 Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
- 1.16 Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV SD
- 1.17 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD
- 1.18 Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar
- 1.19 Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD
- 1.20 Dampak Penerapan Program Pendidikan Karakter terhadap Sikap Siswa Kelas V SD
- 1.21 Hubungan Antara Kemampuan Sosial Siswa dan Prestasi Belajar di Kelas IV SD
- 1.22 Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
- 1.23 Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV SD
- 1.24 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD
- 1.25 Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar
- 1.26 Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD
- 1.27 Dampak Penerapan Program Pendidikan Karakter terhadap Sikap Siswa Kelas V SD
- 1.28 Hubungan Antara Kemampuan Sosial Siswa dan Prestasi Belajar di Kelas IV SD
Penelitian kuantitatif pendidikan tingkat sekolah dasar merupakan pendekatan sistematis untuk menganalisis data numerik guna memahami fenomena pendidikan. Melalui metode ini, pendidik dan peneliti dapat mengidentifikasi pola, hubungan, serta efektivitas strategi pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa secara terukur dan berbasis bukti.
Rekomendasi Judul Skripsi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Beserta Abstrak
Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa di SMP. Metode kuantitatif digunakan dengan pendekatan eksperimen, melibatkan dua kelompok siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi tentang efektivitas metode pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan prestasi akademik.
Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademik siswa di sekolah dasar. Dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif, data dikumpulkan melalui angket motivasi dan nilai akademik siswa. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi Pearson. Temuan diharapkan memberikan wawasan tentang pentingnya motivasi dalam mencapai prestasi belajar yang optimal.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Daring
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran daring. Menggunakan survei kuantitatif, data dikumpulkan dari siswa di berbagai sekolah. Hasil penelitian akan memberikan informasi yang berguna bagi pengembangan metode pembelajaran daring yang lebih efektif.
Studi Perbandingan Metode Pembelajaran Tradisional dan Digital dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas metode pembelajaran tradisional dan digital dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode kuantitatif digunakan dengan desain penelitian eksperimental. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis varians. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengajaran yang lebih inovatif.
Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa di SMA. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orang tua dan pendidik tentang pentingnya peran keluarga dalam pendidikan.
Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prestasi Siswa di Perguruan Tinggi
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemandirian belajar dan prestasi ak ademik di kalangan mahasiswa. Metode kuantitatif diterapkan dengan pengumpulan data melalui angket dan analisis data menggunakan korelasi. Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran mengenai pentingnya kemandirian belajar dalam mencapai kesuksesan akademik.
Analisis Pengaruh Program Bimbingan Karir Terhadap Pilihan Jurusan Mahasiswa di Perguruan Tinggi
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program bimbingan karir terhadap pilihan jurusan mahasiswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan program bimbingan yang lebih efektif di perguruan tinggi.
Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD. Dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif, data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan setelah penerapan metode, serta angket. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai efektivitas metode kooperatif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika siswa.
Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademik siswa kelas IV di SD. Menggunakan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner tentang motivasi belajar dan nilai raport siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam meningkatkan motivasi siswa untuk meraih prestasi yang lebih baik.
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas III SD. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test setelah penggunaan media. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif.
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dan Ekspositori di Kelas V SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry dan ekspositori di kelas V SD. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari hasil tes belajar dan analisis statistik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan siswa.
Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa kelas II di SD. Data diperoleh melalui wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada orang tua dan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang peran lingkungan keluarga dalam membentuk kemandirian belajar anak.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketertarikan Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris di Kelas VI SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketertarikan siswa kelas VI SD dalam belajar bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup berbagai aspek seperti metode pengajaran, materi, dan motivasi. Di akhir penelitian, diharapkan dapat ditemukan strategi untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar bahasa Inggris.
Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kebiasaan membaca dan kemampuan berbicara siswa kelas IV SD. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang kebiasaan membaca dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai pentingnya kebiasaan membaca dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.
Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran matematika di tingkat dasar.
Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemandirian belajar dan prestasi akademik siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumen nilai. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pentingnya kemandirian belajar dalam meningkatkan prestasi akademik siswa.
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD
Abstrak: Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dan mengukur perubahan minat belajar melalui angket sebelum dan sesudah intervensi. Hasil diharapkan menunjukkan dampak positif penggunaan media interaktif dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada siswa dan guru. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis regresi untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang berkontribusi terhadap kedisiplinan siswa.
Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh orang tua dan siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan insight mengenai peran keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dampak Penerapan Program Pendidikan Karakter terhadap Sikap Siswa Kelas V SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak penerapan program pendidikan karakter terhadap sikap siswa kelas V SD. Metode penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest digunakan untuk membandingkan sikap siswa sebelum dan setelah program diterapkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi untuk pengembangan program pendidikan karakter di sekolah dasar.
Hubungan Antara Kemampuan Sosial Siswa dan Prestasi Belajar di Kelas IV SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan sosial siswa dan prestasi belajar di kelas IV SD. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dipilih untuk menganalisis data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan nilai akademik. Hasil diharapkan memberikan wawasan tentang pentingnya kemampuan sosial dalam mendukung prestasi belajar siswa.
Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran matematika di tingkat dasar.
Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prestasi Akademik Siswa Kelas IV SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemandirian belajar dan prestasi akademik siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumen nilai. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pentingnya kemandirian belajar dalam meningkatkan prestasi akademik siswa.
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD
Abstrak: Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dan mengukur perubahan minat belajar melalui angket sebelum dan sesudah intervensi. Hasil diharapkan menunjukkan dampak positif penggunaan media interaktif dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada siswa dan guru. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis regresi untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang berkontribusi terhadap kedisiplinan siswa.
Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh orang tua dan siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan insight mengenai peran keluarga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dampak Penerapan Program Pendidikan Karakter terhadap Sikap Siswa Kelas V SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak penerapan program pendidikan karakter terhadap sikap siswa kelas V SD. Metode penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest digunakan untuk membandingkan sikap siswa sebelum dan setelah program diterapkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi untuk pengembangan program pendidikan karakter di sekolah dasar.
Hubungan Antara Kemampuan Sosial Siswa dan Prestasi Belajar di Kelas IV SD
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan sosial siswa dan prestasi belajar di kelas IV SD. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dipilih untuk menganalisis data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan nilai akademik. Hasil diharapkan memberikan wawasan tentang pentingnya kemampuan sosial dalam mendukung prestasi belajar siswa.
Penelitian kuantitatif pendidikan tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan berbasis data. Dengan memahami pola dan hubungan yang terukur, hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk merancang strategi pendidikan yang lebih efektif, sehingga mendukung perkembangan siswa secara optimal dan berkelanjutan.