INITIALBOARD

Implementasi Deep Learning Pada Siswa Sekolah Dasar

Implementasi Deep Learning Siswa Sekolah Dasar

Implementasi Deep Learning Siswa Sekolah Dasar

Pendekatan Implementasi Deep Learning Pada Siswa Sekolah Dasar dalam konteks pendidikan (seperti dijelaskan oleh Mendikdasmen) berfokus pada pemahaman mendalam, penguasaan kompetensi, dan pembelajaran yang bermakna, sadar, serta menyenangkan.

Mindful Learning : Mengajak siswa untuk menyadari bahwa setiap individu memiliki latar belakang serta cara belajar yang berbeda. Guru juga harus menyadari keunikan yang ada dalam diri siswa-siswanya, termasuk potensi dan kebutuhan masing-masing individu yang berbeda.

Meaningful Learning : Proses pembelajaran harus mendorong siswa untuk berpikir dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan belajar. Siswa yang diajak untuk memahami alasan di balik setiap materi pelajaran yang diberikan, kelak akan menyadari manfaat mempelajari hal tersebut di kehidupan nyata.

Joyful Learning : Pengalaman belajar yang menyenangkan menjadi hal yang penting. Karena pendekatan pembelajaran yang mengombinasikan dengan hal-hal yang menyenangkan, dapat melekat lebih lama dibandingkan dengan pembelajaran yang disampaikan secara monoton saja. Sehingga, siswa akan lebih termotivasi dan meningkatkan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan.

Berikut adalah contoh implementasi untuk siswa Sekolah Dasar yang mencakup elemen Meaningful Learning, Mindful Learning, dan Joyful Learning:

Proyek Pembuatan Kebun Mini di Sekolah

Tujuan:

a. Meaningful Learning : Proyek Pembuatan Kebun Mini di Sekolah

b. Mindful Learning : Proyek Pembuatan Kebun Mini di Sekolah

c. Joyful Learning : Proyek Pembuatan Kebun Mini di Sekolah

Pembelajaran Matematika Melalui Permainan “Toko Mainan”

Tujuan:

Mengajarkan konsep penjumlahan, pengurangan, dan nilai uang.

a. Meaningful Learning : Pembelajaran Matematika Melalui Permainan “Toko Mainan”

b. Mindful Learning : Pembelajaran Matematika Melalui Permainan “Toko Mainan”

c. Joyful Learning : Pembelajaran Matematika Melalui Permainan “Toko Mainan”

Pembelajaran Tematik Melalui Cerita dan Drama

Tujuan:

a. Meaningful Learning : Pembelajaran Tematik Melalui Cerita dan Drama

b. Mindful Learning : Pembelajaran Tematik Melalui Cerita dan Drama

c. Joyful Learning : Pembelajaran Tematik Melalui Cerita dan Drama

Eksplorasi Sains dengan Eksperimen Sederhana

Tujuan:
Memahami prinsip ilmiah melalui aktivitas nyata.

a. Meaningful Learning : Eksplorasi Sains dengan Eksperimen Sederhana

Siswa diajak melakukan eksperimen sederhana seperti membuat gunung berapi mini menggunakan baking soda dan cuka.

Guru menjelaskan konsep reaksi kimia dengan bahasa yang mudah dimengerti.

b. Mindful Learning : Eksplorasi Sains dengan Eksperimen Sederhana

c. Joyful Learning : Eksplorasi Sains dengan Eksperimen Sederhana

Penjelajahan Lingkungan Sekitar Sekolah

Tujuan:

Menanamkan rasa cinta lingkungan dan pemahaman ekosistem lokal.

a. Meaningful Learning : Penjelajahan Lingkungan Sekitar Sekolah

b. Mindful Learning : Penjelajahan Lingkungan Sekitar Sekolah

c. Joyful Learning : Penjelajahan Lingkungan Sekitar Sekolah

Aktivitas diselingi dengan permainan atau lomba, seperti mencari benda alam (daun, bunga, batu) untuk kolase.

Kesimpulan:

Pendekatan Deep Learning untuk siswa SD memadukan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, melatih kesadaran dan refleksi, serta memastikan bahwa proses belajar tetap menyenangkan. Ini membuat siswa tidak hanya paham konsep, tetapi juga memiliki keterampilan yang bermanfaat dalam kehidupan nyata.

Exit mobile version